Google
 

Kamis, 10 April 2008

Penilaian Mesin (2)



FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI MESIN
HAL – HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PENILAIAN MESIN YAITU ADANYA FAKTOR – FAKTOR YANG SECARA LANGSUNG ATAU TIDAK LANGSUNG MEMPENGARUHI NILAI MESIN.
- FAKTOR PHISIK
- FAKTOR FUNGSI
- FAKTOR EKONOMI
- FAKTOR POLITIK & SOSIAL

LANGKAH – LANGKAH PENILAIAN MESIN
Dengan Cost Approach

LANGKAH – LANGKAH YANG HARUS DILAKUKAN DI DALAM PENILAIAN MESIN DAN PERALATAN ADALAH SEBAGAI BERIKUT :
PENDATAAN / PENCATATAN MESIN
URAIAN TEKNIS MESIN
PENENTUAN HARGA BARU MESIN
PENYUSUTAN MESIN
PENETAPAN NILAI MESIN

- PENDATAAN MESIN
(Identification)
RUANG LINGKUP PENDATAAN PENILAIAN UMUMNYA MELIPUTI :
- MENCATAT MAKSUD DAN TUJUAN PENILAIAN
- MENGUMPULANKAN DATA AWAL ( Daftar, Gambar, Ijin, Layout dll.)
- INSPEKSI ( Check kondisi Phisik, Foto, Data Pembanding, dll. )
- KOMFIRMASI DATA – DATA MESIN YANG TELAH DIKUMPULKAN, TERUTAMA MENGENAI STATUS KEPEMILIKAN (Pencocokkan)

- URAIAN TEKNIS MESIN-MESIN DAN PERALATAN (Description)
MENYUSUN SUATU LAPORAN PENILAIAN MESIN BIASANYA TIDAK SEMUA DATA YANG ADA DILAPORKAN, TETAPI BIASANYA HANYA TERBATAS PADA URAIAN TEKNIS SECARA BERURUTAN SEBAGAI BERIKUT :
- NO. KODE
- JUMLAH MESIN
- NAMA MESIN / PERALATAN
- MEREK, BUATAN, TIPE, NO. SERI, TAHUN PEMBUATAN
- SPESIFIKASI TEKNIS YANG MENYANGKUT : KAPASITAS, UKURAN , VOLUME, TENAGA PENGGERAK, PERLENGKAPANNYA.
- SISA UMUR EKONOMIS / KONDISI : BAIK, CUKUP, DSB
- BIAYA PEMBUATAN BARU / PENGGANTI BARU
- PENETAPAN NILAI AKHIR

- DEPRESIASI / PENYUSUTAN
(Depreciation)
SEPERTI DIKETAHUI BAHWA ADA 3 MACAM PENYUSUTAN YAITU PHISIK, FUNGSI DAN EKONOMIS. PENYUSUTAN BERARTI SUATU KERUGIAN NILAI YANG DIALAMI OLEH MESIN YANG DISEBABKAN OLEH ADANYA KE 3 FAKTOR TERSEBUT.
- PHISIK ( PHYSICAL DETERIORATION )
KERUSAKAN PHISIK RETAK, AUS, LAPUK, MENGERAS ATAU KERUSAKAN PADA STRUKTURNYA.
- FUNGSI ( FUNCIONAL OBSOLECENSE )
KEMUNDURAN FUNGSI SEPERTI PERENCANAAN YANG KURANG BAIK, KETIDAK SEIMBANGAN YANG BERTALIAN DENGAN UKURAN, MODEL, BENTUK, UMUR DLL.
- EKONOMIS ( ECONOMIC OBSOLECENSE )
KEMUNDURAN EKONOMIS DIKARENAKAN FAKTOR LUAR YANG MEMPENGARUHI, SEPERTI PERUBAHAN SOSIAL, PERATURAN – PERATURAN PEMERINTAH DAN PERATURAN LAIN YANG MEMBATASI, PERUNTUKAN DLL.

DENGAN KATA LAIN BAHWA KERUSAKAN PHISIK DAN KEMUNDURAN FUNGSIONAL ADALAH SUATU KERUGIAN YANG DISEBABKAN OLEH FAKTOR-FAKTOR INTERNAL YANG TERJADI ATAS HARTA TETAP YANG DINILAI, SEDANGKAN KEMUNDURAN EKONOMIS ADALAH SUATU KERUGIAN YANG DISEBABKAN OLEH FAKTOR EKSTERNAL YANG TERJADI DILUAR HARTA TETAP YANG DINILAI.

ISTILAH – ISTILAH YANG DIGUNAKAN

1. UMUR FISIK
( USEFULL LIFE ) = UMUR YANG DIPERKIRAKAN SECARA FISIK.
2. UMUR EKONIMIS
( ECONOMIC USEFULL LIFE )= UMUR YANG DIPERKIRAKANKAN SECARA EKONOMIS.
3. UMUR EFEKTIF
( EFECTIVE AGE ) = SAAT MESIN DIBUAT SAMPAI DILAKUKAN PENILAIAN.
4. UMUR AKTUAL FISIK
( PHYSICAL ACTUAL AGE = SEJAK MESIN DIBUAT SAMPAISAAT DILAKUKAN PENILAIAN.
5. UMUR AKTUAL PENGGUNAAN
( USED ACTUAL AGE) = SEJAK MESIN DIPAKAI SAMPAISAAT DILAKUKAN PENILAIAN.
6. SISA UMUR EKONOMIS
( ECONOMIC REMAINING LIFE)= SISA UMUR MESIN DAPAT BEKERJA SECARA EKONOMIS.

KONDISI – KONDISI HARGA DALAM PERDAGANGAN (IMPOR BARANG)
DALAM PERDAGANGAN IMPOR DAN EKSPOR TERDAPAT BERMACAM – MACAM KONDISI HARGA YANG PADA DASARNYA BERSUMBER PADA KETENTUAN THE INTERNATIONAL CHAMBER OF COMMERCE ( ICC ) PARIS
DENGAN SEGALA PERUBAHANNYA, KONDISI – KONDISI HARGA TERSEBUT ADALAH SEBAGAI BERIKUT :

- F.A.S. FREE ALONGSIDE SHIP, DISINI EKSPORTIR/SUPPLIER/SELLER ATAU PENJUAL BERKEWAJIBAN DAN BERTANGUNGJAWAB MENYERAHKAN BARANGNYA SAMPAI DISISI LAMBUNG KAPAL DIPELABUHAN PEMUATAN ( LOADING PORT), MISALNYA PELABUHAN MUAT TOKYO, PELABUHAN MUAT SINGAPURA, SEDANG ONGKOS MUAT BARANG TERSEBUT ( STEVEDORING ) KEDALAM KAPAL MENJADI TANGGUNGAN IMPORTIR / PEMBELI.

- F.O.B FREE ON BOARD, DISINI EKSPORTIR / SUPPLIER / SELLER BERANGGUNG JAWAB DAN BERKEWAJIBAN MENYERAHKAN BARANGNYA SAMPAI TERMUAT DI ATAS KAPAL (ON BOARD) , SEGALA BIAYA YANG TIMBUL TERMASUK ONGKOS STEVEDORING SAMPAI BARANG TERMUAT KEDALAM KAPAL MENJADI TANGGUNGJAWAB SUPPLIER, MAKSUDNYA SUDAH TERMASUK KEDALAM HARGA BARANG. SETELAH BARANG ON BOARD MAKA HAK MILIK ATAS BARANG TERSEBUT BERPINDAH KEPADA IMPORTIR ( BUYER ).

Fasilitas Impor Barang Modal

DASAR HUKUM
Surat Keputusan Menteri Keuangan :
No. 135/KMK.05/2000 tgl. 1 Mei 2000. jis
No. 28/KMK.05/2001 tgl. 26 Januari 2001 dan
No. 456/KMK.04/2002 tgl. 30 Oktober 2002
- Keringanan bea masuk hingga tarif akhir sebesar 5%
- Waktu pengimporan 2 (dua) tahun
- Dapat diperpanjang sesuai jangka waktu penyelesaian proyek (JWPP) dalam surat persetujuan.

PEMBEBASAN PPN.
PEMBEBASAN PPN BARANG MODAL (TIDAK TERMASUK SUKU CADANG)
PP. No. 12 Tahun 2001 tgl. 22 Maret 2001 jis. No. 43 Tahun 2002 tgl. 23 Juli 2002, No. 46 Tahun 2003 tgl. 13 Agustus 2003
SKMK. No. 155/KMK.03/2001 tgl. 2 April 2001 jis. No. 363/KMK.03/ 2002 tgl. 31 Juli 2002, No. 371/KMK.03/2003 tgl. 21 Agustus 2003.

***

Tidak ada komentar: